Welcome to our Site Vlog and Thank You for visiting our own Vlog.... Have a nice day too....

Training for Teacher


Kata Pengantar

Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan yang maha Esa, atas  segala karunia dan limpahan rahmatNya sehingga proposal ini  selesai kami buat. Proposal ini kami susun berdasarkan atas keprihatinan dan kepedulian kami terhadap dunia pendidikan di Indonesia saat ini yang begitu memprihatinkan. Baik dan buruknya nasib suatu bangsa sangat ditentukan oleh Kualitas pendidikan didalamnya. Dan nasib pendidikan di Indonesia sangat ditentukan pula oleh bagaimana profesionalisme seorang guru dalam mengajar. Seoarang guru yang tidak professional dalam mengajar akan sangat berdampak negative kepada murid.  Hasil Survey menyebutkan Kebanyakan guru di Indonesia saat ini tidak professional dalam mengajar adalah karena kurangnya motivasi hidup dan kurangnya memahami bagaimana metode cara mengajar yang efektif.

Untuk itu berdasarkan hasil penelitian dan pengalaman kami dalam mentraining guru-guru dan dosen, kami mencoba menyusun proposal motivasi bagi guru ini guna mendapatkan dukungan dari Insan Pendidikan Indonesia sebagai komitmen ikut membangun bangsa melalui pendidikan. Adapun tema yang kami angkat adalah “ outbound training for teacher based on spiritual motivation.” Harapan kami adalah dengan kegiatan ini akan terbangun kembali motivasi para guru dan kemudian berbenah untuk menjadi guru yang professional.



Ketua CRDE



Att.



Ridwan MY

 



PROPOSAL
OUTBOUND TRAINING
FOR TEACHER
Based on SM (Spiritual Motivation)



I. LATAR BELAKANG


Adalah Umar bakrie kisah  seorang guru yang dikenang sepanjang zaman, karena ketulusan serta keikhlasanya dalam mengajarkan ilmu yang berguna kepada murid-muridnya sehingga menghantarkan murid-muridnya tersebut menjadi orang-orang yang sukses diberbagai bidang kehidupan.


Karakter guru Umar bakrie tersebut diatas pada era globalisasi saat ini sangat langka untuk kita jumpai.  Keikhlasan dan ketulusan yang mestinya menjadi fundamental seorang guru dalam menyampaikan ilmu kepada murid-muridnya sehingga fungsi seorang guru benar-benar menjadi seseorang yang bisa digugu dan ditiru bagi muridnya.


Hasil penelitian yang dilakukan oleh Tim CRDE (Center of Research and Development on Education Management) diberbagai sekolah yang ada di Indonesia saat ini menunjukkan rata-rata kondisi guru-guru yang ada saat ini sangat memprihatinkan. Indikasinya adalah sebagai berikut:


  1. Adanya keterpaksaan menjadi guru karena susahnya mencari lapangan pekerjaan saat ini menyebabkan seorang guru terkadang kurang ikhlas dan tulus dan mengajarkan ilmu-ilmu yang berguna bagi masa depan murid-muridnya.
  2. Rendahnya gaji seorang guru juga menjadi faktor lemahnya motivasi guru untuk menjadi guru yang professional.
  3. Banyaknya latar belakang keluarga murid-murid yang broken home saat ini juga menambah masalah disekolah karena berdampak kepada prilaku murid yang cenderung negative. Bagi seorang guru yang tidak tanggap dengan fenomena ini akan menambah runyam kondisi pendidikan disekolah saat ini.
  4. Manajemen sekolah yang tidak dikelola secara professional dalam mengarahkan guru-gurunya untuk berkualitas dalam belajar dan mengajar sekolah juga menjadi indikator terperuknya pendidikan di negeri ini.
  5. Kurangnya pengetahuan seorang guru tentang bagaimana teknik mengajar dan teknik memotivasi murid  dikelas juga menjadi faktor lemahnya pendidikan disekolah saat ini.
Hal-hal tersebut diatas biasanya menjadi faktor utama saat ini sehingga menyebabkan  lemahnya motivasi seorang untuk bersungguh-sungguh dan professional dalam mengemban profesinya menjadi seorang guru yang mulia.


Profesi seorang guru sebenarnya adalah profesi yang sangat mulia karena memiliki tanggungjawab yang besar sekali yang menyangkut pembentukan watak, sikap dan akhlak murid. Dikelas guru tidak hanya transfer ilmu pengetahuan bagi murid akan tetapi jauh lebih dari itu yakni menjadi suri tauladan bagi para murid-muridnya karena bukan hanya mencerdaskan pikiran murid akan tetapi membentuk jiwa-jiwa sang murid untuk menjadi pribadi-pribadi yang baik dan berahlak mulia. Akan tetapi bila sang guru tidak bersungguh-sungguh  dalam mengajar dan mendidik anak murid akan sangat fatal akibatnya karena akan merusak masa depan murid karena apa yang diajarkan dan contohkan guru akan mereka simpan dibenak dan didalam jiwa-jiwa mereka sampai mereka dewasa.


Mengapa Outbound bagi guru-guru itu penting?


Mengingat mulianya profesi seorang guru dan sekaligus beratnya beban menjadi seorang guru dan mendidik murid-muridnya mengakibatkan seorang guru terkadang stress yang berlebihan karena seribu satu macam watak murid yang harus ia didik serta  ketatnya jadwal disekolah menyebabkan seorang terkadang letih, penat dan strees yang berlebihan.


Untuk itu perlu kiranya program-program baru bagi guru-guru tersebut untuk memunculkan kembali motivasinya dalam menjalankan profesi yang mulia itu dan sekaligus refreshing (penyegaran kembali) untuk menghilangkan kepenatan-kepenatan yang mereka alami selama disekolah.


Salah satu kegiatan yang dirasakan banyak manfaatnya bagi guru adalah outbound. Outbound bagi guru bukan hanya sekedar main-main belaka akan tetapi  permainan yang diciptakan dalam outbound tersebut sangat erat dengan profesi mereka sebagai guru.


Berikut ini adalah program-program yang di minati oleh sekolahan atau lembaga perndidikan untuk meningkatkan performancenya:


1.            Meningkatkan motivasi dalam mengajar dan mendidik


2.            Membangun Team Work yang solid


3.            Membangun kemampuan inovatif dan budaya kreativitas untuk mencapai   target.


4.            Menanamkan fighting power (kemampuan bersaing) yang mantap.


5.            Menanamkan kemampuan survival bagi guru.


6.       Meningkatkan kemampuan dan kekuatan SM (spiritual Motivation) bagi seluruh jajaran organisasi sekolah agar terbangunnya rasa kemanusiaan yang tinggi di dalam lingkungan sekolah.              


             Jika sekolahan atau lembaga pendidikan anda memerlukan  satu atau semua harapan di atas, maka “need” tersebut  dapat  di rancang  dalam  kegiatan outbound  yang  Designable dan  Tailormade.  Yang  menggunakan   prinsip “Edutainment”  perpaduan  antara  education  dan entertainment  (mendidik dan menghibur).    


              CRDE Indonesia  outbound  center  yang  di  dirikan  oleh  praktisi  manajemen  sekolah dan pendidikan  (konsultan  manajemen)  yang juga  mempunyai  kompetensi  di  bidang  psikologi  terapan  (Applied  Psychology)  atau  prilaku  organisasi  dan  didukung  oleh  pecinta  alam  yang  sangat  paham  menggunakan  media  alam  sebagai  alat   pembelajaran,   dengan  semangat  membangun  potensi   manusia,  maka  program  outbound  yang  di  berikan  menjadi   sangat tepat  untuk  kepentingan  pengembangan  kinerja  sekolah.


II.    METODE OUTBOUND BAGI GURU


Saat ini banyak sekali program – program pelatihan yang ditawarkan untuk meningkatkan kompetensi dan kesadaran bagi guru untuk berbagai level, dengan berbagai macam metode. Salah satu metode yang ditawarkan adalah metode pelatihan yang dilakukan diluar ruangan  atau sering disebut dengan Outbound. Kelebihan dari metode ini adalah :


1.    Metode ini adalah sebuah simulasi kehidupan


Manusia pada dasarnya dapat memahami kehidupan ini dari alam semesta. Alam semesta adalah sumber kearifan dan tempat belajar bagi semua orang. Banyak teori manajemen yang berkembang dari pengamatan terhadap alam semesta ini. Pengelolaan suatu sekolah yang diterjemahkan dalam 8 prinsip manajemen mutu yang sangat komplek dapat disimulasikan dalam bentuk kegiatan yang sederhana. Dengan kesederhanaan itu, maka peserta akan dengan mudah memahami kompleksitas tersebut.



2.    Pendekatan melalui pengalaman (experiental learning)                   


            Metode yang dilakukan, menggunakan cara yang memberikan sebuah pengalaman langsung kepada para peserta. Peserta dapat langsung merasakan sukses atau gagal dalam pelaksanaan sebuah tugas. Kalau terjadi kesuksesan peserta langsung tahu perilaku apa yang membuat sukses. Sebaliknya, jika gagal peserta langsung tahu perilaku apa yang membuat dirinya gagal.

3.    Metode ini penuh kegembiraan karena dilakukan dengan permainan


Menurut Eric Berne seorang pakar dalam bidang analisis transaksional (transactional analysis) dalam setiap orang dewasa terdapat komponen kehidupan. Sebagai orang tua, orang dewasa dan anak – anak. Komponen orang tua diperlihatkan dalam perilaku menasehati orang lain. Komponen sebagai orang dewasa diperlihatkan pada saat berdialog dengan akal sehat dan dengan orang lain. Komponen anak – anak terlihat pada perilaku minta perhatian, kasih sayang dan bermain. Aktifitas permainan cenderung disukai oleh semua orang.



III.   TUJUAN PELATIHAN OUTBOUND BAGI GURU


Meningkatkan kemampuan guru untuk bekerja dalam tim (Team Work). Meningkatkan motivasi dan keyakinan diri guru akan kemampuan diri (personal development) serta berfikir kreatif (inovasi) meningkatkan kebersamaan dan rasa saling percaya (trust). Penyegaran dan memecahkan kekakuan birokrasi.


IV.  SASARAN PELATIHAN OUTBOUND BAGI GURU


Sasaran dari program outbound ini adalah pengembangan berbagai komponen prilaku guru guna menunjang kelancaran pelaksanaan tugas sehari-hari.


Komponen prilaku yang diharapkan tumbuh dari pelaksanaan program outbound tersebut adalah


-          Berpikir kreatif (creative thinking)


-          Kemampuan untuk memancing munculnya gagasan kreatif dari orang lain


-          Kemampuan menyelesaikan konflik dalam kondisi tenang


-     Kemampuan membangun kerja sama dalam tim dengan menggerakkan kawan sesama anggota tim ke arah tujuan


-          Mempunyai hubungan interpersonal yang baik


-     Mau mendengar dan menghargai pendapat orang lain serta Membangun rasa percaya (trust) pada orang lain


-     Melihat orang lain sebagai bagian dari sukses diri sendiri dan sukses tim dan Berkomunikasi secara efektif


-          Mengembangkan inisiatif dan kreatifitas diri untuk kesuksesan tim


-          Menumbuhkan kepercayaan diri


-          Melihat kesulitan sebagai sesuatu yang menantang


-          Menghangatkan suasana dengan sifat humoris


-          Mempunyai kemampuan dalam pengelolaan diri


-          Pengembangan kebiasaan hidup yang efektif (seven habits)


V.   MANFAAT PELATIHAN OUTBOUND BAGI GURU DAN SEKOLAH


1. Terbangunnya kesadaran fungsi dan peran pada setiap kegiatan sekolah dengan tumbuhnya komitmen memajukan sekolah/lembaga pendidikan.


2.  Terbangunnya semangat dalam mengajar yang termotivasi secara terus menerus berlandaskan kecerdasan spiritual yang tinggi


3.     Memperoleh tim kerja yang solid


4.     Unit – unit kerja dipandang sebagai suatu sistem yang terkait sehingga terbentuknya interaksi kerja yang harmonis.


5.     Memahami dan dapat mempraktekkan 8 multiple inteligencies


VI.  DURASI PELATIHAN OUTBOUND BAGI GURU


Paket Program I      : dilaksanakan selama 2 hari dengan akomodasi serta transportasi ditanggung penyelenggara


Paket program II         : dilaksanakan selama 2 hari dengan akomodasi serta transportasi ditanggung oleh sekolah


Paket program III        : dilaksanakan selama 1 hari dengan akomodasi di tentukan dan ditanggung penyelenggara


VII. TEMPAT  PELATIHAN OUTBOUND BAGI GURU


Adapun tempat yang digunakan Training Outbound ini adalah ini juga dimaksudkan untuk rekreasi bagi para peserta sehingga pelaksanaanya dilakukan dialam terbuka yang nyaman dan jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota (bumi perkemahan, hutan wisata, hutan lindung, pantai, atau tempat lain yang layak  untuk pelaksanaan program ini). Sehingga setelah mengikuti training ini diharapkan peserta memperoleh kesegaran baru ketika kembali menjalani aktifitasnya sekaligus mendapat ide – ide dan kesadaran yang tinggi untuk menjalankan aktifitasnya. Tempat dapat ditentukan oleh pihak klien atau memilih tempat dan alat tranportasi  yang sudah disediakan oleh instruktur .



VIII.     BIAYA PELATIHAN OUTBOUND


Biaya pelatihan sangat tergantung lokasi yang diinginkan. Adapun pilihan tempat serta harga yang kami berikan adalah sebagai berikut  :


Paket I      :Adalah Rp.  1.000.000,- (Satu Juta Rupiah)/ peserta ( minimal peserta 30 orang )


Paket II      :Adalah Rp.  15.000.000,- (Lima Belas Juta Rupiah)/kegiatan. ( belum termasuk akomodasi peserta serta instruktur serta PPn 10 % , maksimal jumlah peserta 70 orang )


Paket III   :Adalah Rp.  10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah)/kegiatan. ( belum termasuk transportasi peserta serta  PPn 10 % , maksimal jumlah peserta 70 orang )


IX.  FASILITAS PELATIHAN


Setiap peserta mendapatkan fasilitas sebagai berikut:


Paket I  = materi outbound training dan materi membangun superior motivation training Transportasi, Penginapan, baju kaos,  topi, 1X Breakfast, 1X Lunch, 1X Diner, 3X coffee Break, door prize,  sertifikat Outbound


Tempat yang di tentukan : 1. Lembang ( grand hotel bandung, sari ater bandung), Puncak Cipanas (tri dua tujuh hotel, P4S Antanam pancawati),atau Tempat bisa juga ditentukan oleh klien dengan kesesuaian jadwal dan harga.


Paket II =  materi outbound training dan materi membangun superior motivation training , door prize, sertifikat Outbound.


Paket III= materi outbound training, dan pelaksanaan kegiatan di crde training center (1X Lunch, 2X coffee Break, door prize,  sertifikat Outbound.


X.   INSTRUCTURE / FASILITATOR


Instructure / fasilitator terlampir


XI.  PENUTUP


Kami berkeyakinan bahwa program pelatihan outbound bagi Guru ini akan memberikan manfaat dan keuntungan yang sangat berarti dalam rangka mengantisipasi dan memperkokoh semangat dan ketegaran dalam menghadapi gejolak persaingan global.


Informasi lebih lengkap dapat mengubungu CP terlampir dalam blog ini.


Lampiran contoh Jadwal Acara
                         PROGRAM OUTBOUND TRAINING FOR TEACHER                             


Hari Pertama in Class


Durasi
Kegiatan
Alrternatif
kegiatan
PIC
07.00 – 09.00
Keberangkatan dari Sekolah yang dipandu oleh Fasilitator

Fasilitator
09.00 – 10.00
Peserta telah tiba dilokasi. Dan seluruh panitia yang bertanggung jawab  di hari pertama sudah berada dilokasi.
-   Pembukaan Yang Dibawakan Oleh MC (Fasilitator),
-  Kata sambutan dari Kepsek.
-  Perkenalan instruktur dengan peserta
-  Penayangan profile instruktur melalui multi media

Fasilitator
10.00 – 12.00
Materi I
Materi Spiritual Motivation Oleh Trainer Utama
-          Mind set VS Soul Set (Brain Motivation VS Spiritual Motivation)
-          Human Soul Interference
-          Change Philosophy (proses penjernihan air keruh , sebagai proses penjernihan hati)
-          Keabadian (eternity)
-          RIP or RIS (Rest in peace or rest in stress)
-          Story of the secret of death
-          Work shop
Pengupasan Materi Human soul Interference
Facilitator dan instruktur

11.00 – 13.00
ISHOMA (Istirahat, Sholat Jum’at, Makan)

Facilitator
13.00 – 13.30
(Ice Breaking )
-  Opening spiritual motivation
-  Sound teraphy (kontemplasi)
-  Permainan tebak nomor
Untuk menciptakan pelatihan lebih menarik, interaktive dan lebih meriah
Facilitator
13.45 – 15.00
Materi II (Sang Motivator Sejati)
-     Sustainable power because of love,
-     Parfume philosophy
-     Soul medicine VS Physical medicine
-     fragile
-     Philosophy of tea (membangun rasa agar tidak mati rasa)
Pengupasan materi Sang Motivator Sejati
Facilitator dan instruktur

15.00 – 15.15
 Coffee Break

Facilitator
15.15 – 17.30
Materi III (saafir)
-     Learn how to believe (menebak isi dompet)
-     The power of believing (karena aku yakin)
-     change the way you see your self and everything
-     the approach of Armageddon   
-     NLP ( Buka mata , buka telinga, buka hati, sehat lahir bathin)
-     Work shop
Pengupasan materi Saafir (a Spiritual journey to your best vision)
Facilitator dan instruktur

17.30 - 19.30
ISHOMA (Istirahat, Sholat, makan Malam)

Facilitator

19.30 - 21.30
-  Materi IV (Meraih Sejuta Bintang)
-  Becarefull of want
-  film teraphy (kekompakan)
-  armada masa depon song
-  Learn how to learn and learn how to dead you
-     FAFIPIMENSOSPHI
-  Be gold miner
Pengupasan materi meraih sejuta bintang (becoming a magnetic personality )
Facilitator dan instruktur

21.30 – ……
Istirahat

Facilitator


Keterangan :


  • Alokasi waktu dan alternatif kegiatan dapat berubah sesuai kondisi dan obyektif yang diinginkan.
Jadwal pelatihan hari ke-2


Durasi
Kegiatan
Tujuan
kegiatan
PIC
07.00 – 08.00
registrasi dan pembukaan outbound training based on Spiritual Motivation

Facilitator
07.00 – 07.30
Streaching/ senam ergonomic dilanjutkan
(Ice Breaking ) Menciptakan suasana aman secara psikologis sehingga peserta siap mengikuti pelatihan
Menggerakkan seluruh tubuh dengan dipandu oleh fasilitator, supaya tubuh tidak kaku.
Facilitator
07.30 – 08.00
(kegiatan di luar ruangan / outbound)
Game I
setiap kelompok diminta untuk membuat  bangunan sesuai dengan contoh, dan setiap kelompok harus memiliki insinyur, mandor dan pekerja,
 Dengan tujuan Melatih inisiatif, ide, kreatifitas untuk dikontribusikan kepada team, Kemampuan analisa kompetensi tim, Komunikasi yang efektif dari pimpinan ke level bawah
Facilitator
08.00 – 08.30
Game II
Peserta diminta untuk memasukkan paku ke dalam botol secara  berkelompok dengan intruksi satu pemimpin
kepemimpinan (pengkoordinasian di tingkat yang sejajar, Analisa permasalahan dan Tanggung jawab bersama untuk menyelesaikan tugas, Komunikasi yang efektif, Kepedulian untuk berkontribusi untuk kesuksesan team
Facilitator
08.30 – 09.00
Game III
Setiap kelompok  memilih satu dari mereka sebagai pemimpin. Instruktur memberikan Pistol dengan peluru untuk dapat menembak objek yang telah ditentukan.
Tujuan  dari permainan ini: Setiap peluru yang ditembakkan untuk menjatuhkan sasaran sama halnya dengan modal yang terpakai dalam perusahaan baik materiil maupun non materiil.
Facilitator
09.00 – 09.15
break

Facilitator
09.15 – 10.00
-     Interpretasi  hasil outbound
-     The real life is the real outbound

Nonton hasil rekaman kegiatan outbound dan kesimpulan dari pelatihan serta penjelasan intisari dari seluruh permainan – permainan

10.00 – 11.30
 Materi VI (No Doubt...)
-     Don’t give up song
-     How motivate your self
-     Fearless (troy film)
-     KISS ME
-     Jam pasir
Pengupasan materi No doubt (laroyba)
Facilitator dan instruktur

11.30 – 13.00
ISHOMA dan Cheek out


13.00 – 15.00
Materi V (high impact will for your career success)
-     The art happiness at work
-     Temporary crown
-     Philosophy unta dan padang pasir 
-     Prinsip suling
-     Philosophy of nanas
-     Work shop
Pengupasan materi high impact will for your career success
Facilitator dan instruktur

15.00 – 15.30
penutup
-     Pembagian kuisioner dan kesan pesan peserta
-      Sambutan dari ketua panitia dan penutupan pelatihan
-     Doa penutup

Facilitator dan instruktur

 Keterangan : 
Alokasi waktu dan alternatif kegiatan dapat berubah sesuai kondisi dan obyektif yang diinginkan.
Program Penggalangan Dana Pembangunan Madrasah, Anak Yatim Piatu Dan Lain-Lain....