Welcome to our Site Vlog and Thank You for visiting our own Vlog.... Have a nice day too....

Spirit Motivation Training


Kata Pengantar

Bersyukur Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, yang karena Kasih dan Sayang Nya, kita semua masih terus memiliki hasrat untuk meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan demi menyongsong masa depan yang lebih baik dalam setiap aktifitas dan profesi yang kita tekuni. Dan atas segala limpahan karunia dan Rahmat Nya pula, sehingga  Proposal Training Mind Set To Soul Set ( a new paradigm leadership training for developing high impact motivation for excellence performance) dapat kami rancang dan kami sampaikan kepada bapak/ibu pimpinan dimanapun anda berada.


Pelatihan penyempurnaan Mind Set menuju Soul Set ini didasari oleh materi utama yang kami kembangkan yang disebut SPIRITUAL MOTIVATION TRAINING, yang biasa kami singkat sebagai SM Training adalah sebuah konsep baru dengan metode pembelajaran berbeda atau paling tidak sedikit berbeda dengan cara pembelajaran yang sudah ada, yang merupakan hasil renungan dan penelitian panjang tentang upaya yang tiada pernah berhenti untuk menemukan cara dan metode paling mutakhir sekaligus paling jitu untuk membangun kepribadian positif (Positive Mental Attitude) seluruh personil kunci kemajuan organisasi perusahaan dan berbagai ruang lingkup usaha, baik bergerak dibidang industri manufaktur maupun bidang usaha jasa.


Kami sangat menyadari bahwa dengan semakin kompleks nya faktor intervensi lingkungan hidup manusia yang terus berubah dengan sangat cepat baik secara nasional maupun global terhadap perubahan prilaku manusia, mau tidak mau, upaya untuk terus menerus menciptakan kreasi baru pendidikan dan pelatihan harus terus dilakukan.

Pelatihan-pelatihan motivasi yang selama ini sudah ada sejak dimulainya geliat industri dimuka bumi ini, sampai hari ini terus mengalami perkembangan metode human approach yang semakin berkembang dan diupayakan untuk terus menerus relevan dengan kondisi real bathiniyah (spiritual) manusia.


Dalam hal ini, kami mencoba menangkap satu benang merah penyebab utama kenapa motivasi manusia untuk fokus kepada pencapaian kinerja (achivement orientation), untuk membangun kerjasama tim yang kokoh (Team Work), membangun rasa saling percaya (building trust), berkomunikasi yang efektif dan efisien (communication effectiveness) dan cara meraih kebahagiaan di tempat kerja (the art of happiness at work) sebagai puncak dari kepribadian yang telah dikembangkan, begitu mudahnya mengalami degradasi atau ”up and down” yang sangat siknifikan, yaitu disamping karena pengaruh luar (external interveres) yang terus menggerus dan menekan semangat untuk bekerja maksimal, berkualitas dan performansi yang sangat membanggakan, juga dapat dicurigai bahwa pelatihan motivasi yang selama ini diberikan hanya sekedar menyentuh kesadaran akal atau motivasi yang sekedar kognitif saja. Dengan demikian kami sering menyebutnya sebagai Mind Motivation atau mind set, dimana pelatihan jenis ini telah kami lakukan lebih dari 8 tahun sejak tahun 1990. Kami beranggapan bahwa jika manusia hanya disentuh mind atau dalam bahasa Malaysia yaitu ”minda” nya saja, bisa jadi dampak motivasinya hanya bertahan sangat singkat alias sesaat. Untuk itu kami mencoba untuk memodifikasi suatu konsep motivasi yang lebih menyentuh pada ranah bathiniyah (Spiritual) yang kami sebut dengan nama pelatihan Spiritual Motivation Training (SM) training. 


Spiritual Motivation Training adalah sebuah metode untuk memunculkan inner power (kekuatan bathin) sebagai inti dari kekuatan dan kemuliaan manusia sehingga manusia mampu mengenal dirinya sebagai khalifah (pemimpin, wakil Tuhan  dibumi) dan memiliki motivasi yang terus berkobar karena alam semesta menjadi sumber motivasi bagi dirinya sehingga ia mampu menjadi rahmat bagi seluruh alam.



Hormat Kami,

Tim Spiritual Motivation




LOGICAL FRAMEWORK


KERANGKA FIKIR

MEMBANGUN KEPRIBADIAN BER MOTIVASI YANG KUAT UNTUK MENGHASILKAN KINERJA TERBAIK DENGAN MENYEMPURNAKAN TATA KELOLA AKAL (MIND SET) DENGAN TATA KELOLA HATI (SOUL SET)



Dalam pelatihan yang komprehensif ini, kami merancang serangkaian syllabus yang terintegrasi yang merupakan tahapan- tahapan pembentukan kepribadian unggul yang memiliki modal motivasi yang kuat dan berdampak signifikan dalam menghasilkan karya nyata yang menakjubkan. Tahapan tersebut kami tuangkan dalam 6 buku yang akan dijelaskan secara singkat berikut ini:


1.         Materi pertama pada pelatihan, akan membahas tentang aspek-aspek kejiwaan (bathin) manusia yang sangat rentan untuk dipengaruhi oleh factor lingkungan yang membuat bathin manusia terluka, bermasalah dan tidak sehat. Kami berpendapat bahwa hati yang terlalu banyak “luka” tidak akan memiliki suatu semangat untuk menghasilkan karya yang monumental. Dengan mengenali secara lebih dekat stressor yang menggelayut di hati manusia, maka akan terbentuk bangunan bathin (hati) yang sehat dan menjadi sumber gerak yang positif dan menjadi inner driver seluruh niat berbuat dalam kehidupan dan didunia kerja.


2.         Materi kedua, akan membahas tentang bagaimana proses kerja Sang Motivator Sejati dalam mengobati hati yang ter”luka” dan sekaligus membangunkan Self Healing Power pada diri manusia tersebut agar memiliki dokter bathin dalam dirinya sendiri.


3.         Materi ketiga, akan membahas tentang proses perubahan dari kekuatan mind set yang telah dibentuk kemudian disempurnakan menuju Soul Set yang lebih berdampak maksimal pada pembentukan kepribadian yang unggul. Makna Saafir adalah sebuah istilah bagaimana proses perubahan secara spiritual terjadi pada diri manusia yang lebih mengarah kepada bangunan rasa.


4.         Materi keempat, Meraih Sejuta Bintang akan menggambarkan tentang kebintangan- kebintangan yang harus dimiliki oleh manusia untuk menjadi modal sukses dunia dan akhirat. Meraih Sejuta Bintang juga membahas tentang dampak kebintangan seseorang terhadap hasil kerja dan pergaulan dimana pun mereka berada.


5.         Materi kelima, Laroyba.. No Doubt.. tiada keraguan, bahwa orang yang punya banyak keahlian (kebintangan) dalam hidup akan terbentuk rasa percara diri yang tinggi tapi tidak sombong. Setiap manusia memang harus mencapai puncak keyakinan dalam hidupnya yang membuatnya memiliki keteguhan prinsip yang kuat dan tidak tergoyahkan lagi.


6.         Materi keenam, adalah puncak dari yang diinginkan oleh tiap perusahaan yaitu terbentuknya sebuah motivasi yang sangat berdapak kuat untuk membentuk sebuah komitmen dalam menghasilkan karya atau kinerja yang sangat memuaskan. 


Kami berkeyakinan, jika seluruh tahapan materi diberikan secara tepat, benar dan menarik, maka akan memberikan dampak yang sangat signifikan dalam membentuk pribadi unggul yang memiliki motivasi kerja (ethos kerja) yang dahsyat





PROPOSAL

SPIRIT MOTIVATION TRAINING

ON BUILDING A POSITIVE MENTAL ATTITUDE



A. LATAR BELAKANG

Prosentase penyebab tertinggi Penurunan kinerja perusahaan adalah disebabkan oleh motivasi kerja (work motivation) para karyawan sangat rendah atau tidak punya semangat sama sekali dan ditambah lagi dengan kemampuan memimpin (leadership) para pimpinan unit kerja yang sangat pas-pasan, Hal ini mengakibatkan tidak terbangunnya suasana kerja yang kondusif, menyenangkan, saling pengertian dan saling menghargai serta mengerti tugas dan tanggung jawab yang harus diemban.

Keterlibatan karyawan (involvement of people) dalam bentang kegiatan organisasi perusahaan suatu hal yang sangatlah dominan dalam harapan untuk menghasilkan kinerja yang dapat memberikan kontribusi signifikan kepada perusahaan. Faktor keterlibatan manusia ini menjadi sangat penting untuk terus menerus dikelola. 


Adalah tugas penting dan wajib bagi seorang pemimpin dalam berbagai strata untuk mengembangkan dirinya sendiri untuk dapat terus tumbuh maju dan berkembang dan kemudian berjuang untuk mengimbaskan prilaku berjuang untuk kemajuan dan perkembangan tersebut terhadap seluruh bawahan yang dipimpinnya. Sebagaimana difahami dari sebuah adagium bahwa seseorang tidak akan dapat memberikan sesuatu yang sejatinya tidak dimilikinya. Demikian pula halnya, seorang pemimpin yang tidak memiliki motivasi untuk maju dan tumbuh berkembang, tidak dapat menularkan atau memberikan motivasi untuk maju dan berkembang kepada orang-orang yang dipimpinnya. Alhasil, seorang pemimpin akan mampu mengembangkan bawahannya dengan memulainya dari dirinya sendiri, sehingga dengan demikian perusahaan akan memiliki key personel yang siap untuk menyongsong tantangan persaingan global yang tergambarkan dibawah ini.


Adalah fakta bahwa sampai saat ini, bangsa Indonesia masih mengalami banyak tantangan dan hambatan untuk menjadi bangsa yang besar dalam makna kualitas, bangsa yang maju, berwibawa dan profesional dengan index prestasi yang paling tidak sejajar dengan bangsa-bangsa “bergengsi” di Asia. Hambatan terbesar itu (menurut banyak survey), masih sekitar rendahnya motivasi (alias “low batt” untuk HP), sehingga menyulitkan bangsa ini untuk bersaing dikancah “pertarungan” Internasional.


Dalam ruang lingkup yang lebih mikro lagi bahwa organisasi perusahaan mengalami hal yang sama, yaitu motivasi kerja (work motivation) yang “up and down” yang terus menerus harus mendapatkan “pompaan” yang metodenya harus terus berkembang sesuai dengan tingkat pengaruh lingkungan yang mewarnai keseharian para pekerja dalam berbagai strata.


Bagi organisasi perusahaan atau lembaga pemerintah, pemahaman terhadap ungkapan dibawah ini adalah penting:



“Human Resource is the most valuable asset of any business or organization. It is more valuable than capital or equipment. If the company fail to develop their Quality of people, they will be the most wasted and resources of any problems within your company / institution”

“Sumber daya manusia adalah asset yang paling berharga dari suatu bisnis atau organisasi, dia lebih berharga dari modal dan peralatan. Jika perusahaan/organisasi gagal mengembangkan kualitas SDM mereka, maka mereka akan menjadi sumber pemborosan dan sumber segala masalah bagi perusahaan/lembaga”

(You Can Win: SHIV KHERA 1998)

Adalah sumber daya manusia atau “human power” yang harus menjadi fokus utama dan yang mestinya didahulukan (dalam konsep ”first thing first” ) agar setiap organisasi dapat meraih apa yang menjadi harapan yang telah dituangkan dalam “Commitment Paper” yang berisi target dan janji-janji pencapaian performa perusahaan yang telah ditandatangani oleh segenap pimpinan dan didukung oleh seluruh level dalam organisasi.

Upaya membangun manusia, yang dalam prinsip Konosuke Matsushita dalam “People Before Product” , adalah suatu tugas organisasi perusahaan yang tiada boleh pernah berhenti karena “manusia” adalah makhluk berbudaya dan selalu berkembang sesuai dengan berkembangnya zaman, sehingga tuntutan mereka berkembang, prilaku bergeser, harapan meningkat dan keinginan untuk memenuhi seluruh level kebutuhan, mulai dari kebutuhan perut dan bawah perut sampai pada kebutuhan aktualisasi yang dirancang oleh Prof. DR. Maslow dalam piramida kebutuhannya, adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari.

The seven principles of A Business Ethos & A Management Ethic, Konosuke Matsushita, menggambarkan bahwa spirit yang dibangun dalam suatu organisasi perusahaan adalah sebagai berikut:


1.        Spirit of service through industry

2.        Spirit of fairness

3.        Spirit of harmony and cooperation

4.        Spirit for progress

5.        Spirit of courtesy and humility

6.        Spirit of accord with natural laws

7.        Spirit of gratitude

Dengan demikian, bagaimana cara mempertahankan motivasi kerja seluruh jajaran organisasi perusahaan menjadi tanggung jawab semua pihak, baik pimpinan perusahaan, pemerintah maupun lembaga konsultan motivasi. Tugas tersebut tidak hanya sekadar tugas bisnis semata namun lebih kepada tanggung jawab moral untuk membangun manusia unggul dengan kualitas yang sejajar dengan standar kompetensi yang berlaku secara internasional.


OUTBOUND

Mengapa Outbound?

John Naisbit dan Patricia Aburdene dalam Mega Trend 2000 mensinyalir bahwa membangun kekuatan Spiritualitas di perusahaan adalah hal yang mutlak harus dilakukan oleh organisasi perusahaan manapun yang ingin bertahan di era globalisasi ini.


Tak pelak lagi, kehausan Spiritual semakin melanda manusia modern sebagai akibat dari semakin “variatif” nya stressor dalam kehidupan yang terus berubah ini. Hal ini semakin diperparah lagi oleh fakta bahwa tidak seimbangnya kita “mengkonsumsi” nutrisi jasmaniah dengan nutrisi bathiniyah yang berakibat pada tergerusnya “humanistic values” dalam dunia kerja. Organisasi perusahaan yang tidak menghiraukan Spirit personilnya pada jangka panjang akan menyimpan faktor-faktor (bom waktu) yang akan menghancurkan dirinya sendiri.


Di dunia usaha, service company atau manufacturing company semakin dirasakannya peningkatan “suhu” konflik yang disebabkan oleh akumulasi stress karyawan dari level paling bawah sampai paling atas semakin meningkat. Betapa tidak, pola bisnis dunia (World Bussines Order) mengalami perubahan yang sangat cepat (fast shifting and fast moving). Setiap orang dalam organisasi dipacu untuk dapat “beradaptasi” terhadap perubahan yang tidak terkirakan (unpredictable change). Hal ini bisa disimpulkan bahwa penyebab-penyebab stress hampir TIDAK terelakkan (Inevitable).

Oleh karena itu outing program atau outbound menjadi hal yang sangat penting untuk kembali menguatkan motivasi kerja untuk mencapai dasar tujuan organisasi melalui permainan-permainan yang sangat erat hubungannya dengan tujuan organisasi dan dunia kerja saat ini serta sebagai media memperkuat team work dan untuk saling mengenal lebih dalam antara sesama karyawan.


B.  SPIRITUAL MOTIVATION TRAINING PROGRAM ON BUILDING A POSITIVE MENTAL ATTITUDE

Achievement Orientation

1.        Building Trust

2.        Team work Building

3.        Understanding how motivate your self

4.        Know how to awaken the inner power to get the target of your expectation.

5.        Knowing your sleeping potential.

6.        Knowing the method how to take an honest look at yourself not to criticize you having deficiencies, but to help you plan for your futures success.

7.        The Art of happiness at Work



C.  METODE TRAINING


SPIRIT MOTIVATION TRAINING ( CLASSICAL )

Training ini memadukan antara kecerdasan intelektual, emosi, dan alam semesta sebagai sumber motivasi dengan metode (EDUTAINMENT – Education And Entertainment) dengan tujuan:


a.    Membangkitkan Inner Power dan figthing spirit untuk memajukan perusahaan dan organisasi. yakni:

1.    Spirit of service through industry

2.    Spirit of fairness

3.    Spirit of harmony and cooperation

4.    Spirit for progress

5.    Spirit of courtesy and humility

6.    Spirit of accord with natural laws

7.    Spirit of gratitude

b.    Terbangunnya integritas yang dijunjung tinggi dengan sifat kejujuran dan keikhlasan sempurna dalam bekerja dan menjalankan amanat.

c.    Memaksimalkan potensi inner power yang dimiliki setiap karyawan dalam mewujudkan hasil karya yang berkualitas untuk mencapai tujuan organisasi.

d.    Terbangunnya kesadaran setiap karyawan bahwa bekerja adalah suatu ladang ibadah sehingga memunculkan ethos kerja karyawan yang luar biasa.

e.    Terbangunnya motivasi karyawan yang bertahan lama sebagai driving force untuk kemajuan organisasi atau perusahaan

f.     Terbangunnya spirit untuk menjaga keseimbangan dalam hidup (life balancing strategy)



Secara garis besar pelatihan tertata dalam beberapa metode sebagai berikut:


1.    Dynamic Group Discussion, dengan menggalakkan partisipasi aktif setiap peserta. Facilitator akan menciptakan suasana yang akan mampu memberikan kesempatan kepada setiap peserta untuk menumbuhkan kesadaran-diri (self-awareness) di dalam memainkan peranannya serta mengarahkan kemampuan pribadinya di dalam usaha mencapai tujuan bersama.


2.    Structured Group Problem-Solving, demi untuk menumbuhkan kesadaran eksistensi pribadi di dalam hubungannya dengan anggota lain di dalam lembaga. Kesadaran ini diharapkan akan menimbulkan “sense of belonging” dan “sense of responsibility” yang sangat diperlukan di dalam menjalin kerja sama yang erat dan terarah. Apa yang telah diberikan di dalam Pelatihan ini, yang masih berupa nilai-nilai yang kelihatannya ideal akan dibuktikan dengan metode ini sebagai masalah yang terbukti nyata di dalam bentuk model-model pengalaman yang real.


3.    Games Simulation, yang akan merangsang setiap peserta untuk menyadari pentingnya kerjasama yang erat, saling tukar informasi yang relevan, suatu tujuan bresama yang jauh lebih besar. “Communication Experiment “, seperti “one way and two way communication” memberikan kesadaran akan pentingnya sebuah team work dalam organisasi.


4.    Case Study, yang menggalakkan setiap peserta untuk berpartisipasi di dalam memikirkan dan menemukan pemecahan suatu masalah yang diangkat dari ini peserta dapat menemukan sendiri cara, watak dan gaya manajemen mereka masing-masing serta mengambil kesimpulan sendiri aspek apakah dari pendirian dan sikapnya yang perlu diperbaiki demi peningkatan dirinya.


               Jika perusahaan anda memerlukan satu atau semua harapan di atas, maka “need” tersebut dapat dirancang dalam kegiatan outbound yang Designable dan Tailormade. Yang menggunakan prinsip “Edutainment” perpaduan antara education dan entertainment (mendidik dan menghibur).

               CRDE Outbound Center yang didirikan oleh praktisi manajemen perusahaan (konsultan manajemen) yang juga mempunyai kompetensi di bidang psikologi terapan (Applied Psychology) atau perilaku organisasi dan didukung oleh pecinta alam yang sangat paham menggunakan media alam sebagai alat pembelajaran, dengan semangat membangun potensi manusia, maka  program  outbound yang di berikan menjadi sangat tepat untuk kepentingan pengembangan  kinerja  perusahaan.



Silabus Membangun Sikap Mental Positif (Positive Mental Attitude) dengan:


MATERI CLASSICAL ERI CLASSICAL

No
Sesi
Uraian singkat dan tujuan Materi

1.

Pembukaan:

1.       Perkenalan Instruktur dan Peserta.
2.       Kontrak belajar
3.       Penjelasan tujuan dan  target pelatihan
4.       Doa pembukaan
5.       Penayangan jingle dan  multi media pembuka

1.      Memperkenalkan TIM SM, dilanjutkan dengan perkenalan seluruh peserta pelatihan.
2.       Membuat kontrak belajar dengan segenap peserta pelatihan agar tercipta suasana kondusif dan mendukung target pembelajaran.
3.       Instruktur menjelaskan tujuan dan target pelatihan serta cara terbaik menyerap segala materi sekaligus teknik pemanfaatan setiap sesi dalam kehidupan
4.       Peserta pelatihan diminta untuk bertafakur dengan mendengarkan bacaan doa dengan iringan multi media yang telah disiapkan. Output dari doa ini adalah munculnya keikhlasan dan kesiapan penuh dalam mengikuti pelatihan dan berharap kemudahan memperoleh ilmu dan inspirasi baru
5.       Penayangan multi media pembuka dengan terapi sound untuk membangun suasana serius dan siap untuk memperoleh materi

2.
Mind block destruction
1.       Instruktur menjelaskan “barrier” yang menyulitkan tumbuh dan berkembangnya seorang manusia disebabkan oleh “mind block” yang masih mencengkram dibenaknya. Hal ini menyebabkan resistence to change dan sulit untuk diajak maju dan berkembang.
2.       Filosofi mangga muda vs mangga matang
3.       Katak dalam tempurung & Tragedi kodok rebus
4.       Filosofi gelas pecah (fragile)
5.       The mistaken assumption

3.

   Modul I

A.      Mengenali keteraturan         alam (the balance of nature)

B.      Bumi kita dan 1001 fakta saat ini
C.      Mengenali   demotivator dan stressor abad 21


1.       Peserta diingatkan akan keteraturan alam yang sangat indah dan dinamis, dimana semua berjalan sesuai hukum alam (natural law) yang berlaku. Peserta menyaksikan beberapa film yang menggugah kesadaran kita untuk mampu mengambil hikmah dan   makna dibalik keteraturan alam tersebut
  1. Mengenali keadaan bumi dan segala hiruk pikuk kehidupan dengan menyaksikan fakta-fakta yang terjadi, menjadi bahan renungan yang siknifikan bagi peserta yang dalam teori SWOT keadaan yang berkembang ini menjadi “threat” (ancaman) yang harus segera dibentuk “antibodi“nya dalam diri tiap individu.
  2. Instruktur menayangkan beberapa gambaran berupa fakta dan kejadian dalam bentuk film dan gambar berkenaan dengan apa yang mungkin telah dialami dan menjadi tidak bersemangat dalam hidup dan bekerja. Motivasi manusia mengalami “up and down” karena banyak faktor yang menyebabkannya. Dengan mengenali jenis-jenis “demotivator dan stressor”, tiap individu akan dapat me-manage-nya secara benar dan menjadikan demotivator dan stressor menjadi kekuatan. How to turn stress to power  

4.
               Modul II

Pengenalan sifat dan karakter manusia

A. Born with inner power
B. Environtmental 
     intervention
C. The seven stage of the 
     soul
1.         Instruktur akan menguraikan berbagai jenis sifat dan karakter manusia berdasarkan kajian ethnologi yang menggambarkan perbedaan karakter antar bangsa dan yang menjadi pendorong kemajuan dan juga yang menghambat kemajuan. Akan diulas tentang rahasia sukses Jepang, Korea, Singapura dan keunggulan negara seberang-Malaysia serta mengupas sedikit tentang basic perilaku Bangsa Barat sehingga bisa maju. Dirincikan pula bahwa manusia terlahir dengan segala potensi yang telah diberikan (inner power) yang dengannya manusia sebetulnya memiliki kemampuan yang prima untuk survive menghadapi dan mengelola kehidupannya. Filosofi “the camel and desert”, akan lebih menyempurnakan pemahaman akan kepemilikan potensi yang sebetulnya luar biasa.
2.         Manusia terlahir dalam keadaan belum terjamah hitam dan putih kehidupan, kemudian proses kehidupan dimulai dari zero kilometer dan proses intervensi lingkungan dimulai. Jadilah manusia sebagai makhluk yang sangat diwarnai oleh lingkungannya (milleu), yang perlu diwaspadai adalah jika milleu yang berkembang dan berada pada zona diri kita adalah milleu yang negatif. Untuk itu instruktur akan memberikan metode bagaimana me-manage milleu seburuk apapun namun menjadi positif buat kita dan kita menjadi perubah milleu tersebut.
3.         Instruktur akan menjelaskan tingkatan-tingkatan jiwa atau nafs, mulai dari yang paling rendah (animal stage) sampai pada celestial stage (yang paling mulia). Digambarkan juga indikator tiap stage dan teknik bagaimana menggapai stage diatasnya secara bertahap dan sustainable.



5.

          Modul III

Membangun superior performance at work dengan Spiritual Motivation

A. Indikator Organisasi Berkualitas dan Profesional

B. Definisi Spiritual 
    Motivation

1.       Instruktur akan menyampaikan hal-hal penting berkenaan dengan indikator berkualitas dan profesional tidaknya suatu Organisasi. Membuka wawasan tentang pentingnya ilmu dengan menggambarkan melalui multi media dan film yang dapat dengan mudah difahami oleh peserta. Tujuan dari sesi ini adalah untuk me”refresh” kembali tentang bagaimana idealnya sebuah perusahaan yang sehat, berkualitas dan memiliki sense of goal yang jelas, sense of regulation, sense of achievement dan sense of harmony. Hal ini akan memancing semangat peserta bagaimana cara menyempurnakan kondisi terkini perusahaan menjadi seideal yang diidamkan.
  1. Instuktur menjelaskan definisi praktis tentang apa dan bagaimana kinerja superior di perusahaan. Dalam hal ini instruktur akan membahas kaidah-kaidah manajemen kualitas yang berlaku secara internasional dan sekaligus melakukan pengukuran sejauh mana peserta telah link and match dengan prilaku profesional yang diharapkan.
  2. Pada sesi ini, instruktur akan menyajikan definisi yang tepat dan praktis tentang apa dan bagaimana spiritual motivation dan bagaimana kita mengenalinya dalam diri masing-masing. Penjelasan definisi ini dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahfahaman dalam memahami “SM”, “Spiritual” tidak sama dengan pemaknaan “Spiritualis” yang menjadi juru penyembuh alternatif, namun makna spiritual adalah bathiniah atau ruhaniah. Sipritual Motivation berarti motivasi yang terpancar dari kedalaman hati nurani yang dapat menghasilkan values yang kekuatannya sangat dahsyat. Kekuatan motivasi bathiniah ini jika dimanfaatkan untuk membangun kinerja yang diidamkan, pasti hasilnya sangat memuaskan.
6.

          Modul IV

Membangun Spiritual Motivation (SM)

A. Spiritual motivation   
    guiding principle

B. Spiritual Motivation  
    inside (“Reborn”)

C. Spiritual Motivation in  
    action

D. Spiritual Motivation in
    Commitment.

1.         Pada sesi ini instruktur menjelaskan step-step untuk meraih the power of  SM dengan mengenali dan menginternalisasikan prinsip-prinsip Spiritual Motivation (SM Guiding Principles). Instruktur akan menyampaikan metaphor dan filosofi sebagaimana tergambar dalam hal-hal berikut:
             Filosofi “ sharpen your axe”
             Filosofi “ Just Do It vs Don’t Just Do It”
             Filosofi ” The secret of success” (socrates story)
             Filosofi “Gold Miner” never give up.
             Filosofi “ Be the Wave”
             Filosofi “Gunung Misteri” (tentang cara memahami visi).
Instruktur juga menyajikan bagaimana cara Spiritual Motivation dapat di maintain agar tidak anjlok yakni dengan menggunakan alam sebagai motivator abadi dengan rincian sebagai berikut:
           Prinsip “Film Motivate You”
           Prinsip “Music Motivate you
           Prinsip “Realities Motivate You”

1.    Penyematan pin SM yang menjadi simbol telah terbangunnya the power of Spiritual Motivation. Dalam hal ini, pin akan mengingatkan pengunanya untuk terus konsisten dengan upaya menghidupkan dan terus menumbuh kembangkan kinerja dalam kehidupan.

2.    Instruktur akan menjelaskan bagaimana cara spiritual Motivation bekerja dan cara penggunaannya dalam dunia kerja (work zone), bagaimana pula dalam kehidupan sosial (social zone) dan tak lupa pula dalam kehidupan keluarga (home zone).

3.    Instruktur akan memandu peserta untuk menginternalisasikan komitmen untuk menjadi yang the best dalam berkarya. Puncak dari komitmen adalah memiliki prinsip sebagai berikut:      
             I know what I would like to Be
             I know what I would like to Have
             I know what I would like to Do
             I know where the place I would like to Go 

7

Personality Potential

Aspect to be Assessed

Tujuan

Good Leader
Instruktur akan menjelaskan bagaimana agar setiap individu dapat memimpin dirinya sendiri sebelum memimpin orang lain dan menjadi seorang pemimpin yang mampu menjadi suri tauladan bagi yang lain.
 Keeping up to date
Instruktur akan menyampaikan bagaimana setiap individu menjadikan dirinya pribadi yang handal dan mampu berhadapan dengan segala perubahan yang tidak dapat dihindari.
Self Confident
Rasa percaya diri yang maksimal sehingga mampu mengaktulisasikan dirinya dengan baik. Hal ini akan sangat penting untuk dipupuk dan dipertahankan dalam menghadapi persaingan kehidupan ke depan. Instruktur akan memberikan arahan bagaimana memperoleh “self confident” yang maksimal dan tepat agar dapat menghadapi persaingan dimasa yang akan datang.
Procrastinate
Kebiasaan menunda-nunda sebuah tugas atau pekerjaan akan mengakibatkan hal-hal penting yang harus dicapai menjadi terbengkalai. Instruktur akan menyampaikan bagaimana setiap individu dapat mengetahui prioritas pekerjaan / tugasnya masing-masing dan dapat menyelesaikannya tanpa penundaan.
Well Organized
Sebuah niatan baik  tanpa terorganisir akan dikalahkan dengan kejahatan yang  terorganisir dengan baik. Instruktur akan memberikan arahan bagaimana setiap individu dan kelompoknya mampu membuat perencanaan dan aksi yang baik untuk mencapai cita-cita yang diinginkan.
Creative
Instuktur menyampaikan bagaimana setiap individu dapat memunculkan kreatifitas dalam dirinya yang akan menjadi kekuatan pendorong kemajuannya dalam segala hal.
Suffering from stress
Setiap individu pasti pernah mengalami stress. Akan tetapi hanya sedikit sekali orang yang mampu mengatasi stress dengan baik.  Instruktur akan menyampaikan bagaimana mengetahui tingkat stress dan bagaimana mengatasinya sehingga setiap individu dapat menjalani hidup dengan baik walaupun ribuan masalah menghampiri.
Positive Attitude
Memiliki sikap yang positif (Positive Attitude) akan mengarahkan seseorang untuk tetap mampu berpikir jernih dan berprilaku positif, baik kepada dirinya, lingkungannya dan kepada Tuhannya.  Instruktur akan menjelaskan bagaimana agar setiap individu mempunyai Attitude yang positif sehingga  dapat dengan mudah untuk beradaptasi dengan segala situasi dan keadaan.
Time Management
Setiap manusia di dunia ini memiliki jumlah waktu yang sama yaitu 24 jam, namun hanya sedikit saja orang yang mampu mengelola dan memanfaatkan waktu tersebut secara baik dan efektif.  Instruktur akan menjelaskan bagaimana cara agar setiap individu dapat membuat time management yang baik dan dapat memanfaatkan waktu secara maksimal.
Competitive
Hidup ini penuh dengan kompetisi, dari sebelum terlahirpun manusia sudah mengalahkan jutaan janin yang akan terlahir dimuka bumi ini. Manusia terlahir dalam keadaan unggul.  Instruktur akan menjelaskan bagaimana cara berkompetisi secara sehat sehingga memicu setiap individu untuk melakukan hal yang terbaik dalam menjalani kehidupan ini.
Sell Ideas
Kemampuan untuk menjual atau menyampaikan sebuah ide agar dapat diterima dan dapat di aplikasi dengan baik, bukanlah sesuatu yang mudah, hal ini membutuhkan metode dan keberanian.
Instruktur akan menjelaskan bagaimana meningkatkan kemampuan menjual “ide”, yang merupakan bagian penting dalam kunci keberhasilan seseorang dalam meniti karir.
Communication
Kemampuan berkomunikasi dengan baik mutlak dimiliki oleh setiap individu dalam berinteraksi dengan sesamanya sehingga terhindar dari kesalah pahaman. Instruktur akan menyampaikan cara bagaimana agar setiap individu dapat mengembangkan kemampuannya dalam berkomunikasi yang baik dan efektif.
Tolerant
Berbeda itu adalah sebuah keniscayaan. Tinggal bagaimana menyikapi perbedaan tersebut dengan baik dan bijaksana. Toleransi dalam menyikapi perbedaan tersebut sangat penting dimiliki oleh setiap individu.
Instruktur akan menjelaskan bagaimana menjaga rasa toleransi satu sama lain sehingga  memperoleh kedamaian yang diinginkan oleh setiap orang.




OUTBOUND TRAINING


MANFAAT OUTBOUND

a.       Kesadaran akan pentingnya kemampuan berkomunikasi secara efektif dan bebas tanpa dihalangi oleh batas-batas jabatan dan pangkat. Cara-cara untuk mengatasi kesukaran berkomunikasi akan dilatihkan pula.

b.      Kesadaran akan pentingnya usaha pribadi yang terus menerus di dalam meningkatkan pengembangan diri baik di dalam pengetahuan maupun ketrampilan manajerial, dan cara-cara memotivasi diri untuk mencapai harapan yang menjadi cita-cita

c.       Kemampuan menciptakan semangat team work yang mantap

d.      Kesadaran akan pentingnya menjalin kerjasama didalam menyelenggarakan setiap tugas yang diarahkan oleh lembaga untuk mencapai setiap obyektif yang telah ditentukan oleh lembaga atau perusahaan

e.       Kemampuan menyelesaikan setiap konflik menjadi persaingan yang menguntungkan kedua belah pihak (to turn a conflict into a win-win competition).



1.      LEADERSHIP

a.       Kemampuan untuk mengembangkan gagasan kreatif dari diri sendiri.

b.      Kemampuan untuk memancing munculnya gagasan kreatif dari orang lain.

c.       Kemampuan untuk meyakinkan orang lain untuk menyetujui dan mengimplementasikan gagasan.

d.      Kemampuan menyelesaikan konflik dalam kondisi menang-menang.

e.       Kemampuan bernegosiasi dengan pihak lain dalam suasana menang-menang (win-win solution).

f.       Kemampuan membangun kerjasama dalam tim dengan menggerakan kawan sesama anggota tim kearah tujuan yang telah disepakati bersama.

g.       Kemampuan membangkitkan semangat kerja tim.

h.      Kemampuan mengatasi hambatan yang dihadapi oleh tim dalam mencapai tujuan.



3.      CREATIVE THINKING

a.       Peserta diharapkan akan berfikir secara kreatif.

b.      Peserta diharapkan dapat memecahkan masalah melalui cara-cara yang profesional.

c.       Peserta diharapkan akan berusaha untuk mendapatkan sumbang saran, dari orang-orang lain sebelum ia memutuskan suatu masalah.



4.      SPIRIT MOTIVATION (Wisata Rohani)

a.       Terbangunnya sifat kejujuran dan keikhlasan sempurna dalam bekerja dan menjalankan amanat

b.      Terciptanya suasana harmoni yang merupakan buah dari rasa kebersamaan yang tinggi dan saling menghargai.

c.       Terbangunnya spirit berjuang (sense of achievement) yang tinggi untuk terus-menerus mampu memberikan kontribusi terbaik kepada organisasi perusahaan.

d.      Terciptanya suasana kerja yang kondusif untuk menyongsong perubahan yang harus dilakukan demi kemajuan perusahaan.

e.       Terpupuknya kedisiplinan diri yang prima sebagian komitmen hidup.

f.       Terbentuknya sifat khalifah yang selalu mendorong untuk terciptanya rasa kedamaian, nyaman tentram didunia kerja.

Terbangunya spirit untuk menjaga keseimbangan dalam hidup (Life Balancing Strategy)



5.      PERSONALITY POTENTIAL ASSESSMENT

Dalam Pelatihan yang diprogramkan ini, Tim Instruktur dan Fasilitator akan melakukan penilaian (Assessment) terhadap tiap-tiap peserta pelatihan untuk mengetahui tingkat potensi kepribadian yang mereka miliki. sebagaimana terlampir dalam formulir ”Personality Potensial Assessment”.

Adapun Assessment yang dilakukan adalah sesuai dengan ”objective” yagn ditetapkan untuk mengembangkan tiap-tiap personil. Untuk lebih memperoleh hasil penilaian yang lebih memuaskan, kuisioner penilaian yang telah dijawab, masih akan di cross check dengan hasil pengamatan Instruktur/Fasilitator yang telah di tunjuk. Laporan hasil Assessment akan di laporkan kepada pihak klien minimal 1 (satu) minggu setelah pelatihan atau sesuai kesepakatan kedua belah pihak.



6.      FOLLOW UP (MONITORING AND EVALUATION)

Setelah pelatihan berlangsung, klien dapat meminta tim Instruktur untuk melakukan evaluasi lanjutan untuk melihat apakah ada perubahan yang signifikan terhadap perubahan prilaku.dari pekembangan yang diperoleh, maka kedua belah pihak (jika diperlukan) dapat melakukan proses tindak lanjut untuk lebih memantapkan hasil pelatihan, sesuai dengan hasil negosiasi kedua belah pihak.



D.     TEMPAT PELATIHAN



Adapun tempat yang digunakan adalah tempat Wisata. ini juga dimaksudkan untuk rekreasi bagi para peserta sehingga pelaksanaanya dilakukan ditempat yang nyaman dan di alam terbuka yang jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota. Sehingga setelah mengikuti training ini diharapkan peserta memperoleh kesegaran baru ketika kembali menjalani aktifitasnya sekaligus mendapat ide – ide dan kesadaran yang tinggi untuk menjalankan aktifitasnya.



E.     WAKTU DAN PESERTA



Untuk lebih memaksimalkan dalam memahamkan materi yang akan di sampaikan, kami berkeyakinan bahwa salah satunya adalah waktu yang cukup memadai untuk diadakan pelatihan ini, yaitu selama 2 (dua) hari, dengan jumlah peserta minimal 30 orang agar lebih efisien dalam pelaksanaan pelatihan.



F.      INSTRUKTUR / FASILITATOR



Instructure / fasilitator terlampir



G.   INVESTASI



Investasi tidak sama satu program dengan program yang lainnya, hal ini dapat disesuaikan dengan program Training dan Pelatihan sesuai dengan pilihan programnya. Untuk contoh, Motivation Spirit Program investasinya seperti terlampir di bawah ini. Sebagai gambaran keseluruhan, Anda semua dapat mempelajarinya dalam proposal terlampir. Dan untuk lebih lengkapnya Anda semua dapat menghubungi Tim CRDE Indonesia melalui E-Mail: crde.indonesia1@gmail.com.



1.       Paket per-orang per hari  

Investasi pelatihan Spiritual Motivation  ini adalah sebesar Rp. 1.000.000 (Satu juta  rupiah)* per-peserta dengan jumlah peserta maksimal 50 dan minimal peserta 30 peserta.



2.       Paket per-hari

Investasi pelatihan Spiritual Motivation ini adalah untuk 1 (satu) paket selama 1 hari  sebesar 50.000.000.-(Lima Puluh Juta Rupiah) **



* fasilitas paket per-orang :materi outbound training dan materi spirit motivation, baju kaos,door prize, sertifikat dan belum termasuk PPn 10%.

Pilihan tempat yang kami sediakan:

1.  Wahana wisata curug tujuh cilember-Bogor

2.  P4S Antanam pancawati caringin, sukabumi

3.  Graha Wisata Pramuka Cibubur

4.  Atau tempat dapat juga ditentukan oleh klien.



**  Investasi  belum termasuk  akomodasi dan transportasi instruktur dan peserta serta PPn 10%.



G.            PENUTUP



Kami berkeyakinan bahwa program pelatihan Spirit Motivation “New Paradigm Leadership Training For Developing High Impact Motivation For Excellence Performance”ini sangat memberikan manfaat dan keuntungan yang sangat berarti bagi karyawan dan bagi kemajuan Perusahaan dalam rangka mengantisipasi dan memperkokoh semangat dan ketegaran dalam menghadapi gejolak persaingan global.



Lampiran Contoh Jadwal Acara

Spirit Motivation Training “New Paradigm Leadership Training For Developing High Impact Motivation For Excellence Performance”



1.        Hari pertama

Durasi
Kegiatan
Tujuan kegiatan
07.30– 08.00
Registrasi Peserta dan persiapan mengikuti pelatihan inclass training Dan pembagian kuisioner dan pre test

08.00 – 08.30
Peserta telah berada di ruangan .  dilanjutkan dengan:
1.    Ceremony
2.    Safety Moment
3.    Menyanyikan lagu mars perusahaan
4.    Doa pembuka oleh Fasilitator
5.    Sambutan pimpinan penyelenggara

Sebagai sambutan kepada peserta agar siap untuk mengikuti pelatihan dan Kegiatan ini menunjukkan bersifat resmi
08.30 – 09.15
pengenalan profil instruktur dengan peserta
1.    Salam pembuka dan pembacaan aturan pelatihan
2.    Penayangan profil instruktur melalui multi media
3.     Materi pengantar Spirit Motivation Training
Untuk menciptakan kekeluargaan karena saling mengenal antara peserta dan instruktur serta pengenalan materi
09.15 – 09.30
Break pagi


09.30 – 12.00
1.       Human Soul Interference
-    Change philosophy Water (proses penjernihan air keruh sebagai proses penjernihan hati)
-    Mind Set  VS Soul Set (Brain Motivation VS Spiritual Motivation)
-    RIP Or RIS (rest in peace or rest in stress)
-    Physiology of behavior (behavioral impact to body)
-    Story the secret of death ( research kamar Mayat) Rintihan bathin
-    The art of seduction
-    Physical war, logical war, psychological war and spiritual war ( 4 fase perbenturan antar manusia)
-    Maslow pyramid & Up turning Maslow pyramid
-    The approch of Armageddon (high noon and new world economy)
-    Becareful of want
-    Manusia modern haus spiritual
Pengupasan Materi Human soul Interference
12.00 – 13.00
ISHOMA

13.00 – 13.30
-   Opening spiritual motivation
-   Sound teraphy (kontemplasi)
-    Permainan tebak nomor
-    Fun games

Durasi
Kegiatan
Tujuan kegiatan
13.30 – 15.00
  1. Materi II (sang Motivator Sejati)
-    Menikmati scenario tuhan (dunia panggung sandiwara-ahmad albar song)
-   Philosophy of Nanas
-   Gigo to lipo (why we need motivation)
-   The main resource of motivation (filosofi lemparan sepatu)
-   Philosophy of Suling
-   be gold miner
-   Be the wave (apa kata ombak)
-   Apa kata batu
-   Niagara syndrome philosophy
-    Awaken the giant within
-   Unta dan padang pasir
-   Balon udara filosofi  (the stage of motivation)
-   Open your eye, open your ear, open your heart and see the realities
-   How to motivate your self
-   Music, song,  film and reality motivate you
Pengupasan Materi sang Motivator Sejati
15.00 – 15.15
Coffee break

15.15 – 17.00
  1. Materi III ( Saafir – a spiritual journey to best vision)
-   Happy birth day 
-   Jamu pahit menjadi madu
-   Change the way you see your self and everything
-   Saafir
-   By three methods we may learn wisdom
-   Inner power
-   Mahathir the wake up call (Ice Breaking )
Pengupasan Materi  Saafir – a spiritual journey to best vision
17.00 –
 penutup hari pertama  






2.             Hari ke dua

Durasi
Kegiatan
Tujuan kegiatan
07.00 – 08.00
registrasi dan pembukaan outbound training based on Spiritual Motivation Training

08.00 – 08.30
(kegiatan di luar ruangan / outbound)
Streaching/ senam ergonomic dilanjutkan
(Ice Breaking ) Menciptakan suasana aman secara psikologis sehingga peserta siap mengikuti pelatihan
Menggerakkan seluruh tubuh dengan dipandu oleh fasilitator, supaya tubuh tidak kaku.
08.30 – 09.00
Game I
setiap kelompok diminta untuk membuat  bangunan sesuai dengan contoh, dan setiap kelompok harus memiliki insinyur, mandor dan pekerja,
 Dengan tujuan Melatih kepemimpinan, ide, kreatifitas untuk dikontribusikan kepada team, Kemampuan analisa kompetensi tim, Komunikasi yang efektif dari pimpinan ke level bawah
09.00 – 09.30
Game II
Peserta diminta untuk memasukkan paku ke dalam botol secara  berkelompok dengan intruksi satu pemimpin
kepemimpinan (pengkoordinasian di tingkat yang sejajar, Analisa permasalahan dan Tanggung jawab bersama untuk menyelesaikan tugas, Komunikasi yang efektif, Kepedulian untuk berkontribusi untuk kesuksesan team
09.30 – 10.00
Coffee break

10.00 – 11.00
-     Interpretasi  hasil outbound
-     The real life is the real outbound

Nonton hasil rekaman kegiatan outbound dan kesimpulan dari pelatihan serta penjelasan intisari dari seluruh permainan – permainan

11.00 – 12.00
4.Materi IV ( meraih sejuta bintang)
-    Perfume philosophy
-    Marketing your self
-    Segi tiga emas kompetensi
-    Life is boomerang and life is an echo
-    FAFIPIMENSOSPI
-    Prinsip drunken master
-    The art of happiness at work
-    Interpersonal skill
-    How to make a great impressions
-     Rumus-rumus kehidupan (rumus phythagoras)
Pengupasan materi meraih sejuta bintang becoming a magnetic personality)
12.00 – 13.30
-   ISHOMA

13.00 – 14.00
  1. Materi V (No Doubt …, - laroyba)
-    Damai bersamamu song
-   Mangga mentah manga matang (behavioral maturity level)
-   The touch believe film
-   Learn how to believe  ( menebak isi dompet)
-   The power of believing (karena aku yakin)
-   NLP approach (buka mata, buka teling , buka hati sehat lahir bathin)
-   Levels of certainty
-    The factors that build trust
Pengupasan materi No Doubt …, - laroyba
13.00 – 15.00
Materi VI (high impact will for your career success)
-   The art happiness at work
-   Temporary crown
-   Philosophy unta dan padang pasir 
-   Prinsip suling
-   Philosophy of nanas
-   Pengupasan materi high impact will for your career success
15.00 - 15.15
Coffee Break Sore

15.15 – 17.00
-   Work shop
-   penutup
-   Pembagian kuisioner dan kesan pesan peserta
-    Sambutan dari ketua panitia dan penutupan pelatihan
-  Doa penutup






Note: seluruh jadwal kegiatan bersifat tailor made



Lampiran Contoh kisi-kisi materi

Training Mind Set To Soul Set ( a new paradigm leadership training for developing high impact motivation for excellence performance)

Materi
Tujuan materi
6.      Human Soul Interference
-    Change philosophy Air (proses penjernihan air keruh sebagai proses penjernihan hati)
-    Mind Set  VS Soul Set (Brain Motivation VS Spiritual Motivation)
-    RIP Or RIS (rest in peace or rest in stress)
-    Physiology of behavior (behavioral impact to body)
-    Story the secret of death ( research kamar Mayat) Rintihan bathin
-    The art of seduction
-    Physical war, logical war, psychological war and spiritual war ( 4 fase perbenturan antar manusia)
-    Maslow pyramid & Up turning Maslow pyramid
-    The approch of Armageddon (high noon and new world economy)
-    Becareful of want
-    Manusia modern haus spiritual
Pengupasan Materi Human soul Interference
  1. Materi II (sang Motivator Sejati)
-   Menikmati scenario tuhan (dunia panggung sandiwara-ahmad albar song)
-  Philosophy of Nanas
-  Gigo to lipo (why we need motivation)
-  The main resource of motivation (filosofi lemparan sepatu)
-  Philosophy of Suling
-  be gold miner
-  Be the wave (apa kata ombak)
-  Apa kata batu
-  Niagara syndrome philosophy
-   A waken the giant within
-  Unta dan padang pasir
-  Balon udara filosofi  (the stage of motivation)
-  Open your eye, open your ear, open your heart and see the realities
-  How to motivate your self
-  Music, song,  film and reality motivate you
Pengupasan Materi sang Motivator Sejati
  1. Materi III ( Saafir – a spiritual journey to best vision)
-  Happy birth day 
-  Jamu pahit menjadi madu
-  Change the way you see your self and everything
-  Saafir
-  Bay three methods we may learn wisdom
-  Inner power
-  Mahathir the wake up call (Ice Breaking )
Pengupasan Materi  Saafir – a spiritual journey to best vision
-  Opening spiritual motivation
-  Sound teraphy (kontemplasi)
-  Permainan tebak nomor

  1. Materi IV ( meraih sejuta bintang) – becoming a magnetic personality)
-    Perfume philosophy
-    Marketing your self
-    Segi tiga emas kompetensi
-    Life is boomerang and life is an echo
-    FAFIPIMENSOSPI
-    Prinsip drunken master
-    The art of happiness at work
-    Interpersonsl skill
-    How to make a great impressions
-    Rumus-rumus kehidupan (rumus phythagoras)
Pengupasan materi (meraih sejuta bintang) – becoming a magnetic personality
  1. Materi V (No Doubt …, - laroyba)
-   Damai bersamamu song
-  Mangga mentah manga matang (behavioral maturity level)
-  The touch believe film,  Learn how to believe  ( menebak isi dompet)
-  The power of believing (karena aku yakin)
-  NLP approach (buka mata, buka teling , buka hati sehat lahir bathin)
-  Levels of certainty
-  The factors that build trust
Pengupasan materi No Doubt …, - laroyba
  1. Materi VI (high impact will for your career success)
-  If tomorrow never come ( ronan keathing)
-  Way to succeed
-  Spirit to win
-  Motivation multiplies performance
-  Philosophy of tea (membangun rasa agar tidak mati rasa)
-  Langkah , rizki, pertemuan, maut, hak prerogative Tuhan
-  Philosophy of temporary crown
-  KISS ME (Komunikasi , interaksi, sosialisasi, silaturrahmi, music, emotional control)
Pengupasan materi high impact will for your career success

 
Note:

Profil Instruktur dan lain-lainnya terlampir dalam Blog ini.
Program Penggalangan Dana Pembangunan Madrasah, Anak Yatim Piatu Dan Lain-Lain....