Welcome to our Site Vlog and Thank You for visiting our own Vlog.... Have a nice day too....

Inner Beauty


Logical Pattern (Kerangka Berfikir)
Membangun Inner Beauty


Telah terbukti sepanjang sejarah bahwa setiap lelaki yang berhasil dalam kancah persaingan kehidupan, selalu ada wanita yang “luar biasa” dibelakang lelaki sukses tersebut yang memberikan kekuatan, spirit dan pendampingan lahir bathin. The powerfull woman  itu bisa ibunya atau istrinya.


Berharap memiliki tim kerja professional untuk kemajuan perusahaan, berarti harus mempertimbangkan kekuatan “the woman behind the man”. Yang artinya bahwa kita harus membangun kekuatan dahsyat sang pendamping dirumah yang sangat mungkin membantu terciptanya sebuah karya dan kinerja yang luar biasa dari seluruh karyawan pria.


Jika selama ini, wanita pendamping (istri) tersebut, masih belum dapat menjadi pemberi kekuatan (spirit) kepada suaminya untuk dapat berkarya yang memuaskan untuk pekerjaan dan tanggung jawab amanah yang diemban, maka pelatihan ini menjadi sangat strategis yaitu membangun kekuatan dirumah melalui pemberdayaan wanita dengan membangunkan inner beauty (energy inti sejati) yang sejatinya telah mereka miliki sejak mereka terlahir. Dalam banyak kajian agama dan filsafat, bahwa perempuan telah dibekali banyak kekuatan yang bisa jadi kekuatan itu tidak dimiliki lelaki.


Terbangun dan tumbuh berkembangnya Inner Beauty seorang wanita, jika memenuhi 7 prasyarat  sebagai berikut :


Pertama         Mampu mengenali kekuatan, kelemahan, kesempatan (peluang) dan ancaman yang selalu melingkupi kehidupan sehari-harinya.


Kedua            Memahami betul tingkat kerapuhan (fragility) dirinya sehingga mampu meng-hadle nya dengan penuh kehati-hatian (hadling with care).


Ketiga             Mampu menemuan motivator abadi yang setiap detik menjadi “drive”untuk mempertahankan semangat dalam meraih keberhasilan yang diidamkan.


Keempat        Mengenali betul rahasia-rahasia bathiniyah (spirituality) manusia sehingga mampu menyentuhnya agar lebih hidup dan bergerak untuk menghasilkan kekuatan yang disebut “Inner Power”


Kelima            Mampu “Me-manage” pergaulan dimanapun ia berada, baik dikeluarga, ditempat kerja (office), maupun dimasyarakat (society), sehingga tidak terlalu banyak timbul “stressor” yang terus menerus akan menurunkan motivasi.


Keenam          Memiliki jiwa/ kepekaan toleransi yang sangat tinggi, sehingga sumber kebencian, kedengkian serta prilaku mau menang sendiri dapat ditekan seminimal mungkin.


Ketujuh          Memiliki keyakinan yang mantap yang bersumber dari ajaran agama yang menanamkan “value” bahwa hidup ini adalah “pengabdian” untuk melayani manusia dan selalu membahagiakan manusia yang lain.


Tujuh prasyarat ini mutlak diperlukan agar seseorang dapat terus menerus menghasilkan ”karya” dalam segala aspek kehidupan yang merupakan ”buah” dari Inner Beauty yang kokoh, tegar, kuat dan matang. Apa yang diharapkan dari seseorang yang kehidupannya diwarnai oleh 1001 masalah dan konflik akibat ketidak-berdayaan dan ketidak-tahuan tentang kaidah-kaidah motivasi hidup.


Untuk itu pelatihan ini dirancang oleh tim yang sangat berpengalaman agar 7 kaidah / prasyarat ini dapat terpenuhi dengan modul yang tepat, metode yang canggih dan mutakhir dan pendekatan hati nurani yang hidup.





PROPOSAL
SPIRITUAL MOTIVATION TRAINING
FOR BUILDING INNER BEAUTY FOR WOMAN



LATAR BELAKANG I


Menemukan kembali Inner Beauty yang meredup atau bahkan telah hilang sama sekali dimakan zaman dan peradaban modern, bukanlah hal yang mudah. Bagi seorang perempuan yang sadar dan yakin betul bahwa Tuhan telah menghadirkannya dimuka bumi dengan bekal Inner Beauty, sebuah “kecantikan” yang amat dahsyat, menyenangkan, membahagiakan, menentramkan dan sekaligus menguatkan yang tak satupun perempuan yang tidak memilikinya ketika terlahir, karena Tuhan itu Maha Adil. Namun, apa yang membuat Inner Beauty yang telah dibekalkan itu menjadi redup, pupus dan menghilang? Suatu pertanyaan dan kenyataan yang tak seorangpun bisa membantahnya bukan?


Tahukah kita bahwa Inner Beauty seorang ibulah yang sanggup melahirkan dan membesarkan anak-anak yang berbakat, berkualitas dan bermanfaat buat manusia dan alam semesta, karena memang ibu yang memiliki Inner Beauty yang hidup dan bersinarlah yang sanggup menjadikan dirinya sebagai “sekolah” pertama dan utama buat sang anak yang terlahir. Tahukah kita bahwa Inner Beauty perempuanlah yang sanggup melunakkan atau meredakan kekerasan dan pertempuran tiada berakhir dalam setiap perkembangan manusia modern. Tahukah kita bahwa Inner Beauty seorang istri-lah yang bisa mendorong terbentuknya kepribadian seorang suami sebagai pekerja professional, jujur dan terpercaya, yang kukuh, kekeh dan kokoh memegang amanah. Dan tak dapat kita pungkiri lagi bahwa ditangan perempuan yang memiliki Inner Beauty pula yang mampu menjadikan suatu Negara menjadi terhormat dan bermartabat dan bukan sebaliknya, kehancuran.


Dalil-dalil yang mendukung pernyataan di atas cukup jelas dan lengkap, baik dalil agama, hukum positif bahkan adat  istiadat yang berlaku dimasyarakat.   


Adalah seorang perempuan bernama Chaterin Lim, pengamat politik dan penulis ternama negeri jiran tetangga kita,  Singapura, yang mulai gusar dengan perkembangan negerinya sang Naga Asia itu, bahwa walaupun Singapura selalu bertengger ditempat tertinggi untuk urusan-urusan bisnis dan kemajuan teknologi dan perdagangan, yang menjadikan Singapura menjadi salah satu Negara “kaya”, namun mengalami “kemiskinan” hati. Betapa tidak, di Singapura semua menjadi amat sangat kaku dan menegangkan. Manusia terbentuk bagaikan robot yang telah diprogram hanya untuk satu kata “kekayaan”, sehingga membuat mereka  menjadi hidup tertekan dan bahkan tidak bahagia. Pernyataan Chaterin Lim ini adalah buah dari mulai “menggeliatnya” Inner Beauty ke-per-empu-an nya yang menginginkan terbangunnya manusia yang seimbang antara jasmaniah dan ruhaniah, bahagia lahir dan batin.  


Akhirnya, siapapun anda, perempuan dengan posisi apapun anda dikantor atau ditempat kerja manapun, istri siapapun dan ibu dari siapapun anda, seharusnya sudah mulai adil untuk membelanjakan hartanya sedikit saja untuk keperluan Inner Beauty  anda yang mungkin selama ini sudah sangat serius membelanjakan hartanya untuk kepentingan Outer Beauty saja, karena dengan menumbuhkan dan menghidupkan Outer Beauty dan Inner Beauty yang seimbang, sebagai hamba Tuhan yang bernama perempuan inilah yang mampu menemukan kembali harkat martabat ke per-empu-an nya.



LATAR BELAKANG II


Penyebab rendahnya kualitas sumber daya perempuan sebagian berasal dari dalam diri perempuan itu sendiri (faktor internal), dan sebagian lagi berasal dari luar (faktor eksternal).


1.           Faktor internal, masih rendah dan terbatas motivasi perempuan agar meningkatkan dirinya untuk maju, sikap menerima dan pasrah terhadap keadaan, merasa rendah diri, tidak berdaya dan tidak mandiri. Gerak perempuan juga terkendala oleh ukuran-ukuran obyektif dari sumber daya manusia, misalnya rendahnya pendidikan dan pengetahuan, terbatasnya wawasan, rendahnya keterampilan sebagian perempuan dalam berbagai bidang dan rendahnya derajat kesehatan perempuan.


2.    Faktor eksternal, perempuan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang menyangkut nilai-nilai budaya masyarakat, tidak komprehensifnya penterjemahan ajaran agama, aturan hukum dan kebijakan, serta pola pengambilan keputusan dalam berbagai bidang kehidupan yang masih bias gender. Nilai-nilai budaya patriarki mengakibatkan perempuan terdiskriminasi dalam berbagai bidang kehidupan yang berakibat terinternalisasinya sikap-sikap sebagai warga negara kelas dua. Dibidang agama, masih ada penafsiran ajaran agama yang terkesan bias gender dan tidak komprehensif oleh sebagian ahli dan pemuka agama, telah mempengaruhi cara perempuan mengembangkan konsep diri yang telah menghambat dirinya untuk maju.


Spiritualitas di tempat kerja adalah mengenai pemahaman diri pekerja sebagai makhluk spiritual yang jiwanya (the soul) memerlukan “makanan” di tempat kerja; mengenai pengalaman akan rasa bertujuan dan bermakna dalam pekerjaannya; dan juga tentang mengalami perasaan saling terhubung dengan orang lain dan dengan komunitasnya di tempat kerja.


Menjadi seorang entrepreneur itu tidak memandang status baik laki-laki maupun perempuan. Akan tetapi sebagian besar didominasi oleh laki-laki. Sebenarnya peluang bisnis banyak di lakukan oleh perempuan, karena perempuan kurang berani berisiko, mereka menjalankannya monoton. Entrepreneur perempuan mempunyai kelebihan yang khas yaitu luwes dalam bernegosiasi, berbeda dengan entrepreneur laki-laki yang cenderung kompetitif, formal dan berfikir sistematik. Menurut sebagian besar orang berpendapat, entrepreneur perempuan lebih peka feeling-nya berbisnis sehingga banyak bisnis mereka yang berkembang sangat luar biasa.


Kelemahan entrepreneur perempuan biasanya mereka cenderung sangat berhati-hati dan takut mengambil resiko, sehingga entrepreneur perempuan tidak banyak yang berkembang pesat seperti entrepreneur laki-laki. Entrepreneur perempuan berkembangnya juga agak susah karena mereka cenderung bertahan di bisnis yang kecil-kecil saja sekedar untuk mensupport dirinya mandiri. Untuk itu entrepreneur perempuan masih perlu dorongan, motivasi dan membentuk jaringan-jaringan yang bisa mengembangkan bisnisnya


Berdasarkan pengertian terminologi yang positif, konsep pemberdayaan perempuan sedikitnya mengandung tiga pokok pikiran:


Pertama    :bersifat holistik atau menyeluruh, karena pemberdayaan itu mencakup ekonomi, sosial-budaya, politik dan psikologis.


Kedua         :diarahkan kepada penanggulangan hambatan struktural yang menghambat kemajuan perempuan dan terwujudnya kemitra-sejajaran pria dan perempuan.


Ketiga       :dilaksanakan bersama-sama dengan pemberdayaan pria dan pemberdayaan masyarakat secara umum.


TUJUAN


Pelaksanaan pelatihan Inner Beauty ini bertujuan untuk ”Menghidupkan Dan Menumbuh kembangkan  Inner Beauty Bagi Perempuan, dengan :


1.      Menselaraskan Outer Beauty dengan Inner Beauty


2.      Mampu mengolah kesedihan dan 1001 masalah kehidupan menjadi energi dahsyat untuk Bangkit


3.      Selalu melihat orang lain dengan cara pandang yang berbeda (positif thinking), karena memandang sesuatu dengan Change the way you see everything – itu juga merupakan bagian dari kehebatan Inner Beauty


4.      Ikhlas memberi – kodrat seorang ibu yang tulus mendidik anak dengan sepenuh hati


5.      Rasa toleransi, pengertian dan selalu ingin membuat orang bahagia


6.      Berjiwa besar, cinta ilmu, cinta kemajuan


7.      Iklas memberi, tulus berbagi, rela berempati



METODE PELATIHAN


1.   Dynamic Group Discussion, dengan menggalakkan partisipasi aktif setiap peserta. Fasilitator akan menciptakan suasana yang akan mampu memberikan kesempatan kepada setiap peserta untuk menumbuhkan kesadaran-diri (self-realization) di dalam memainkan peranannya serta mengarahkan kemampuan pribadinya dalam usaha mencapai tujuan bersama.


2.   Structured Group Problem-Solving, demi untuk menumbuhkan kesadaran eksistensi pribadi di dalam hubungannya dengan anggota lain di dalam masyarakat. Kesadaran


3.      ini diharapkan akan menimbulkan “sense of belonging” dan “sense of responsibility” yang sangat diperlukan di dalam menjalin kerja sama yang erat dan terarah. Apa yang telah diberikan di dalam Pelatihan ini, yang masih berupa nilai-nilai yang kelihatannya ideal akan dibuktikan dengan metode ini sebagai masalah yang terbukti nyata di dalam bentuk model-model pengalaman yang real.


4.   Games Simulation, yang akan merangsang setiap peserta untuk menyadari pentingnya kerjasama yang erat, saling tukar informasi yang relevan, suatu tujuan bersama yang jauh lebih besar. “Communication Experiment “, seperti “Rumors Clinic”, “one way and two way communication” memberikan kesadaran akan pentingnya, dan sekaligus akan senantiasa adanya kesulitan dan hambatan di dalam proses berkomunikasi.


5.  Case Study, yang menggalakkan setiap peserta untuk berpartisipasi di dalam memikirkan dan menemukan pemecahan suatu masalah yang diangkat dari ini peserta dapat menemukan sendiri cara, watak dan gaya manajemen mereka masing-masing serta mengambil kesimpulan sendiri aspek apakah dari pendirian dan sikapnya yang perlu diperbaiki demi peningkatan dirinya.



MATERI PELATIHAN


Silabus SPIRITUAL MOTIVATION TRAINING FOR BUILDING INNER BEAUTY FOR WOMAN, ini kami desain secara komprehensif, berdasarkan banyak kajian, penelitian dan kumpulan curhat ribuan orang dari berbagai kalangan dengan seribu satu masalah mereka.


Berikut ini adalah rincian topik bahasan yang akan dikaji dan diuraikan dalam pelatihan SM For building inner beauty for woman. Tiap topik terdiri dari berbagai sub topik yang menarik untuk ditelaah dan patut dijadikan bahan renungan mendalam untuk memulai proses menjadi wanita terbaik.


1.      MENJADI MUTIARA TERINDAH (BECOMING THE MOST WONDERFULL WOMAN)


2.        BALANCING INNER BEAUTY AND OUTER BEAUTY BELAJAR MENGENAL DIRI (PSHYCHOLOGICAL AND SPIRITUAL APPROACH)


3.     IBU ADALAH KEPALA SEKOLAH KELUARGA (BECOMING  A PROFESSIONAL HOME SCHOOL PRINCIPAL)


4.        MENGENALI 1001 GODAAN YANG MELEMAHKAN WANITA (1001 WEAKENING TEMPTATIONS)


5.        SPIRITUAL COMMUNICATION AND VERBAL COMMUNICATION SKILL FOR WOMAN


6.        CONFLICT AND PROBLEM SOLVING (PSYCHO, SPIRITUAL AND MANAGERIAL APPROACH)


7.      CHANGE THE WAY YOU BEHAVE (CHANGING THE WAY YOU SEE EVERYTHING WILL LEAD YOU THE WAY YOU BEHAVE)


8.        BUILDING A BIG ”HOME” BY BIG WOMAN HEART


9.        STRESS MANAGEMENT FOR WOMAN


10.    POSISI WANITA DIMATA MANUSIA DAN TUHAN (RELIGIOUS AND SOCIAL APPROACH)


11.    THE MYSTERY OF MAN (RAHASIA PRIA YANG HARUS DIFAHAMI WANITA)



INVESTASI PELATIHAN


Paket per-peserta 


Investasi pelatihan Spiritual Motivation For Building Inner Beauty For Woman ini adalah sebesar Rp. 750.000 (Tujuh ratus Lima puluh ribu rupiah)* per-peserta dengan jumlah peserta maksimal 70 dan minimal peserta 30 peserta.


1.      Paket per-hari


Investasi pelatihan untuk 1 (satu) paket selama 1 hari  adalah sebesar 25.000.000.-(Dua puluh Lima Juta Rupiah) *


2.      Paket per-jam


Investasi pelatihan untuk 1 (satu) paket selama 1 jam  adalah sebesar 5.000.000.-(Lima Juta Rupiah)*


* Seluruh Investasi  belum termasuk  akomodasi dan transportasi instruktur serta PPn 10%.





PENUTUP


Kami berkeyakinan bahwa program Pelatihan SPIRITUAL MOTIVATION FOR BUILDING INNER BEAUTY FOR WOMAN ini sangat memberikan manfaat dan keuntungan yang sangat berarti bagi karyawan dan Organisasi dalam rangka mengantisipasi dan memperkokoh semangat dan ketegaran dalam menghadapi gejolak persaingan global.


Informasi lebih lengkapnya dapat menghubungi alamat terlampir dalam blog ini.
Program Penggalangan Dana Pembangunan Madrasah, Anak Yatim Piatu Dan Lain-Lain....